June 02, 2013

Apa Itu "Aftercare"?

Apa yang disebut dengan Aftercare…? 

Aftercare yaitu suatu program yang terdiri dari berbagai macam intervensi, pelayanan, dan asistensi yang disediakan untuk recovery sebagai keberlanjutan dari program primer atau primary treatment yaitu, primary stage dan re-entry programe.


Untuk siapa program Aftercare..? 

Aftercare ditujukan bagi para eks residen atau manta pecandu. Program ini dilaksanakan di panti atau tempat rehabilitasi. Tujuan program Aftercare adalah agar para sasaran TC (Therapeutic Community) memiliki tempat atau kelompok yang sehat agar mengerti tentang dirinya dan lingkungannya.

Apa yang itu TC (Therapeutic Community)? 

TC merupakan jenis terapi terhadap pecandu narkoba. Istilah TC diciptakan oleh Thomas Main dalam makalahnya, "Rumah Sakit Sebagai Lembaga Terapi" [1946]

Metode TC diadopsi dari konsep Timur, kemudian dikembangkan di New York, Amerika Serikat. Konsep ini kemudian diterapkan di berbagai negara, seperti Filipina, Thailand, Malaysia, Indonesia, Singapore, Australia, dan diberbagai negara Eropa. Hanya saja, terapi berbasis komunitas yang diterapkan di tiap-tiap negara tersebut berbeda lantaran disesuaikan dengan model kultur dan budaya yang ada di masing-masing negara.

Berdasarkan jurnal penyalahgunaan narkoba (UNDPC, 1990), Therapeutic Community memiliki tingkat keberasilan sebesar 80 % dengan indikator si penyalahguna berhasil bertahan pada kondisi bebas zat (abstinesia) dalam waktu yang lebih lama, dengan catatan risiden tersebut mengikuti seluruh tahapan hingga selesai.

Write; Sumadi Arsyah (dbs)

Artikel Terkait