June 06, 2013

Tahun Baru, Tanpa Narkoba..!


Di penghujung tahun 2010 dan di awal tahun 2011 ada tiga event besar datang hampir bersamaan, umat Islam merayakan Tahun Baru 1432 H (Hijriah), tanggal 25 Desember 2010 umat kristiani memperingati Hari Natal, dan dua hari setelah itu tepatnya tanggal 1 Januari 2011 akan dirayakan Tahun Baru Masehi 2011.

Kita mengenal ada tahun Hijriah dan tahun Miladiah. Tahun Hijriah perhitungan ditetapkan berdasarkan pada perhitungan rotasi kamariyah (Bulan), dan diawali sejak hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah, sedangkan tahun Miladiah (kelahiran) perhitungan didasarkan pada perputaran Syamsiah (Matahari), dan diawali sejak kelahiran Nabi Isa AS (Alaihi Salam). Tahun-tahun tersebut hanyalah salah satu penanda waktu, agar kita dapat menghitung umur atau usia sesuatu.

Begitu pentingnya masalah waktu, Allah SWT pun sampai bersumpah ”Demi Masa”. Waktu digunakan untuk hal-hal yang baik, atau digunakan untuk hal-hal yang jelek, atau dibiarkan saja, tetap akan berlalu meninggalkan kita dan tidak akan pernah dapat diputar kembali. 

Tahun 2010 telah berlalu dengan segala kenangan, prestasi yang dicapai atau pun kegagalan yang kita derita. Mereka yang sukses dengan prestasi cemerlang atau mereka yang terpuruk, pailit jatuh tertimpa tangga, sebenarnya mereka memiliki waktu dan kesempatan yang sama sehari semalam 24 jam. Dan tidak terasa perjalanan waktu telah memakan segalanya, dan tak seorang pun mampu menghentikan.

Tahun 2011 telah datang dengan segala tantangan yang menghadang di depan mata dan nampaknya lebih berat dari tahun-tahun sebelumnya. Namun optimisme harus selalu dikedepankan dari pada pesimisme. Semua orang pasti berharap tahun 2011 harus lebih baik dari pada tahun 2010 yang lalu. Itulah doa yang selalu kita sanjungkan kepada yang di Atas, Allah SWT. 

Sudah menjadi tradisi, dimana setiap menjelang akhir tahun hampir sebagian besar masyarakat di seluruh penjuru dunia begitu semangat untuk melepas kepergiannya. Semangat yang sama juga ditujukan kepada datangnya tahun baru. Banyak orang menyambut tahun baru dengan penuh gegap gempita dan harapan, namun tidak demikian dengan mayoritas manusia yang dalam hidupnya senantiasa dihimpit kemiskinan. Tidak ada tahun baru buat mereka. Tidak ada perubahan yang berarti buat hidup mereka. Dan tidak tertutup kemungkinan, pada tahun 2011 akan semakin banyak pengangguran, akan semakin banyak pula kemiskinan dan akan semakin banyak pula kejahatan.

Tetapi kita semua harus tetap optimis. Semoga hadirnya Tahun Baru 2011 membawa harapan baru untuk perbaikan setelah negeri ini mengalami berbagai keterpurukan baik oleh akibat konflik dan Tsunami. Tahun baru adalah momentum untuk bangkit mengadakan recoveri dalam segala bidang kehidupan, dan saatnya kita menjadi bangsa yang mandiri dan berdaulat, yang mampu mengolah dan memanfaatkan segala kekayaan alamnya secara mandiri, ramah lingkungan, adil dan sepenuhnya untuk kesejahteraan rakyat.

Sebagai seorang individu, masing-masing kita tentunya punya prinsip bagaimana caranya menjalani hidup yang sehat dan baik. Yang pasti ini semuanya tergantung pada diri kita, karena yang paling berhak mengambil keputusan dalam hidup termasuk dalam penggunaan barang yang paling mematikan yaitu narkoba adalah kita. Walau pergaulan adalah faktor yang cukup kuat mempengaruhi seseorang untuk mengonsumsi narkoba, tapi bukan berarti kita tak perlu bergaul dengan teman. Bagaimanapun juga masa remaja butuh teman yang bisa diajak bermain dan bergaul dalam upaya untuk memperluas wawasan dan pergaulan. "Sebagai remaja kita harus pintar-pintar pilih teman”

Karena kebanyakan, pengguna narkoba terjerumus bukan karena keinginan tapi karena ajakan atau ikut-ikutan teman. Umumnya karena persahabatan dan kesetiakawanan antar teman cukup kuat sehingga akan sulit menolak, ditambah oleh emosi remaja yang masih labil". Namun kita sebagai remaja harus berani memegang prinsip 'Say no to drugs', alias katakan tidak untuk narkoba. Yang pasti semua harus ada niat dari dalam hati jangan sampai terjerumus kelembah narkoba, yang membuat hidup kita sensara selama-lamanya.

Oleh karena itu, generasi muda Aceh harus menyingkapinya dengan bijak dan arif dalam penyambutan tahun baru. Dan kita menghimbau generasi Aceh tidak terjebak dalam penyalahgunaan narkotika, dan tidak terlalu larut dalam merayakan momentum pergantian tahun secara berlebihan. Apalagi memilih jalan dengan menggunakan narkoba. ''Merayakan Tahun baru jangan sampai berlebihan. Perayaan pergantian tahun sebetulnya merupakan ajang refleksi diri. Sebagai langkah menghadapi tahun yang baru. Terutama kalangan generasi muda”

Kalangan generasi muda mesti mejauhakn diri dari narkotika. Karena jebakan narkoba bisa mempertaruhkan masa depan. Yakni mengenai keberlangsungan nasib bangsa. Upaya pencegahan penyalahgunaan narkotika, yang dilakukan oleh Polres Kota mengintensifkan pelaksanaan gelar razia narkoba kepada setiap wisatawaan yang ingin merayakan tahun baru di Kota Sabang patut kita berikan nilai positif.

Kita juga berharap, dukungan maksimal dari masyarakat dan keluarga juga sangat diperlukan dalam upaya pencegahan narkotika terhadap putra-putri tercinta mereka. Anggota masyarakat lainnya juga harus saling mengingatkan agar generasi Aceh terhindar dari kejahatan penyalahgunaan narkotika, karena faktor lingkungan juga dapat mempengaruhi kepribadian seseorang.

Untuk itu kita mengingatkan generasi muda Aceh agar dapat mengisi waktu dengan kegiatan positif. Berupa olahraga atau yang sifatnya dapat menciptakan suasana jauh dari narkotika, dengan menciptakan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat bagi diri secara pribadi.

Seorang teman berharap “Semoga tahun baru tidak menjadi ajang hura-hura pesta narkoba dan perbuatan maksiat, namun benar-benar dimanfaatkan untuk ajang instropeksi diri agar tahun yang akan datang menjadi tahun yang lebih baik dari tahun sebelumnya”. Sungguh sederhana doanya, ingin lebih baik dalam berbagai hal di pergantian tahun baru. 

Semoga Allah SWT mendengarkan dan mengabulkan doanya dan doa kita semua. Amin Ya Allah, Amin Ya Latif.

Writer, Sumadi Arsyah

Artikel Terkait