June 03, 2013

Pecandu Kokain, Dapat Membutakan Mata


IndoDrus - Dampak penyalahgunaan Narkotika sangatlah berbahaya. Diantaranya dapat menekan system saraf pusat, mengurangi aktivitas fungsional tubuh, dapat menyebabkan halusinasi, dan kebutaan.

Hasil riseht penelitian oleh Veterans Health Administration’s Health Research and Development Service di Indianapolis, Amerika Serikat, menemukan bahwa pecandu narkotika, terutama Kokain berisiko mengalami gangguan pada penglihatan, bahkan kebutaan karena glaucoma.

Gloukoma adalah suatu penyakit yang menyerang mata dan biasanya terjadi pada usia lanjut. Di Indonesia, gloukoma adalah penyebab kebutaan nomor 2 setelah katarak. Selain itu, glaucoma juga menjadi penyebab kebutaan yang tidak dapat dipulihkan. Di beberapa Negara, 2% penduduk usia di atas 20 tahun menderita gloukoma.

Penyakit mata ini diakibatkan karena kenaikan tekanan bola mata dan menimbulkan kerusakan saraf penglihatan. Padahal fungsi saraf mata akan meneruskan bayangan yang dilihat ke otak. Di otak bayangan akan digabungkan di pusat penglihatan dan membentuk benda.

Di dalam bola mata bagian depan terdapat cairan jernih yang disebut humor akuwos. Cairan ini dengan teratur akan mengalir dari tempat pembentukan ke saluran luarnya. Tekanan darah tinggi disebabkan karena produksi cairan bola mata (humor aqueus) yang berlebihan, atau dapat juga dikarenakan saluran pembuangan keluar yang disebut jaringan trabekula tersumbat.

Sumber: detikhealth.com

Artikel Terkait