June 11, 2013

Membangun Karakter Anak Terhindar dari Narkoba

Ilustrasi

Penyalahgunaan narkoba merupakan salah satu factor perusak generasi bangsa. Dan sebagian besar penyalahguna narkoba berasal dari range usia remaja hingga pekerja.

Pada masa remaja, mereka cenderung bereaksi akibat dari pencarian jati diri mereka sendiri. Banyak hal yang ingin mereka lakukan saat itu, sehingga mereka mencari kenyamanan di tempat lain.

Umumnya mereka lebih labil kepribadiannya dan gampang terpengaruh, mereka ingin bersenang-senang dulu tanpa mikirkan dampa masa depan.

Kondisi tersebut, dikarena sifat remaja yang cendrung labil dan masih mencari jati diri, dalam pencarian jadi diri tersebut, remaja seringkali salah memilih lingkungan yang dapat menjerumuskan diri mereka dalam jerat narkoba.

Remaja penyalahguna narkoba, lazimnya mereka merupakan individu yang mudah terpengaruh, terpengaruh karena karakter spiritualnya kurang kuat dan hubungan dalam keluarga kurang mendapatkan perhatian. 

Sementara remaja yang memiliki karakter spiritual yang baik dan kuat, biasanya akan mencari tahu terlebih dahulu mengenai apapun yang ditawarkan oleh lingkungannya, kemudian baru memutuskan apakah baik atau buruk bagi kehidupannya.

Tips untuk Orang Tua

Dampingilah anak dalam masa remajanya. Pada masa tersebut anak enggan dimarahi dalam hal apapun yang mereka lakukan.

Lakukan edukasi dan bekali informasi tentang bahaya narkoba sejak dini, namun edukasi yang diberikan disesuaikan dengan usia anak. Contohnya, “Jangan jajan sembarangan karena makanan diluar belum tentu sehat, bersih dan terjamin gizinya".

Sesibuk apapun orang tua, usahakan selalu ada waktu bersama, buatlah mereka merasa memiliki rumah dan nyaman saat ada didalamnya. Dukunglah hobi mereka yang positif, dan bimbinglah mereka dalam menyalurkan hobinya.

Biasanya bila seorang remaja apabila tidak bisa menyalurkan ekspresi dan hobinya, mereka akan memendamkan dan melampiskan pada hal-hal negative. Rangkul mereka, sebelum terlambat. Semoga berguna. [dbs]

Writer; Sumadi Arsyah

Artikel Terkait