June 13, 2013

Narkoba, “Nikmat Membawa Sekarat”!


Narkoba (narkotika dan obat-obatan berbahaya) dikenal juga dengan NAZA (narkotika, alkohol, dan zat adiktif lainnya) adalah zat yang mempunyai efek pada fungsi berfikir, perasaan dan perilaku sipemakai. 

Zat-zat tersebut, manusia sering disalahgunakan sehingga menimbulkan ketagihan (addiction) yang berujung pada ketergantungan (dependence). 

Beberapa jenis zat yang dapat dikelompokkan sebagai narkotika tersebut, antara lain: opium, morfin, heroin, kokain dan ganja. 

Disampinng itu, masih ada zat-zat lainnya yang tidak tergolong dalam narkotika, tetapi termasuk zat adiktif (zat yang dapat mengakibatkan kecanduan) yang berpengaruhnya terhadap susunan saraf pusat (otak manusia). Ectasy adalah salah satu diantaranya. 

Zat aktif yang dikandung ectasy adalah amphetamine yaitu suatu zat yang tergolong stimulasia (perangsang). Di dunia kedokteran, zat amphetamine digunakan antara lain untuk mengobati penyakit hyperkinesia, depresi ringan, dan narkolepsi. Tetapi penggunaannya di dunia sangat ketat, sebab dapat menimbulkan ketergantungan. Penyalahgunaan ectasy yang kadang disebut dengan ineks. Bahayanya dapat menimbulkan ‘gangguan mental organik’.

Apabila sedang ‘on’ atau ‘triping’, pemakainya akan merasakan gejala psikologik dan fisik. Gejala psikologik adalah agitasi psikomotor, rasa gembira, rasa harga diri meningkat, banyak bicara, dan kewaspadaan meningkat.

Gejala Fisik

Adapun secara fisik adalah pelebaran pupil mata, tekanan darah meninggi atau rendah, berkeringat atau rasa kedinginan, mual dan muntah. Bagi mereka yang sudah ketergantungan, bila pemakaian dihentikan akan menimbulkan kondisi yang dinamakan ‘gejala putus obat’ yang ditandai rasa ketagihan, kelelahan, keletihan menyeluruh, tidur berkepananjangan 12-24 jam, depresi berat, rasa lesu dan lemah yang sangat, timbul pikiran tentang kematian, ingin bunuh diri, dan mencelakakan diri.

Terbukti banyak pengguna narkoba yang sekarat karena over dosis. Inilah nikmat sesaat yang membawa sekarat dan kesensaraan. Narkoba, "Nikmat Membawa Sekara". Say No To Drugs. Semoga berguna

Writer, Sumadi Arsyah,

Artikel Terkait