July 07, 2013

Eumpang Breuh Kampaye Anti Narkoba


Tokoh film komedi Aceh, Eumpang Breuh kalau dalam bahasa Indonesia artinya "Karung beras atau Goni Beras" mengajak mahasiswa dan masyarakat untuk bersama-sama memerangi dan menjauhi narkoba, saat tampil pada acara Pagelaran Seni Budaya P4GN di Kampus Politeknik, Banda Aceh, Sabtu (6/07).

Kalaborasi tiga aktor utama film Umpang Breuh, Abdul Hadi (Joni Kapluk), Umar Perdana (Haji Uma), dan Sulaiman (Mando Gapi) membuat penonton terkesima meyimak pesan-pesan Anti Narkoba. Kegiatan pagelaran seni budaya P4GN yang dilaksanakan di lingkungan kampus Politeknik Aceh juga terbuka untuk umum.

Tampilnya tokoh fiml komidi Aceh sangat bermanfaat dalam rangka memotivasi masyarakat dan generasi muda, terutama mahasiswa agar mencintai kearifan lokal, budaya Aceh agar tidak mudah tergerus oleh perubahan zaman. 

Selain penampilan group lawak Empang Breuh, pada acara pagelaran seni budaya P4GN juga menampilkan kreatifitas mahasiswa anti narkoba kampus Politeknik, mereka membawakan lagu dan syair islami.

Acara pagelaran seni budaya P4GN dilaksanakan oleh Bidang Pencegahan Badan Narkotika Nasional Provinsi Aceh dan dihadiri oleh berbagai civitas akdemik, dosen dan karyawan, mahasiswa kampus Politeknik dan kalangan masyarakat. 

Kepala BNNP Aceh, Drs. H. Saidan Nafi, SH. M.Hum dalam sambutannya mengatakan, bahwa kampaye Anti Narkoba yang dikemas dalam bentuk hiburan seni budaya lokal diharapkan dapat tersampaikan kepada mahasiswa dan masyarakat secara efektif. Ia juga mengajak semua komponen bangsa untuk tidak henti-hentinya berjuang melawan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di Aceh.

Mari kita optimistis dan membangun sinergisme antara pemerintah dan segenap lapisan masyarakat dalam upaya pelaksanaan P4GN. Aceh harus menjadi lokomotif dalam upaya Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

Harapan kita semoga grup lawak Umpang Breuh ini dalam membawa nilai-nilai kebudayaan luhur dan dapat menyisipkan pesan-pesan Anti Narkoba bagi kawula muda, mahasiswa dan penonton dalam setiap penampilannya, harap Saidan Nafi.

Writer, Sumadi Arsyah

Artikel Terkait