October 19, 2014

Narkoba Barang yang Luar Biasa

Penyalahguna dan peredaran gelap narkoba di Indonesia, bukan lagi masalah biasa-biasa saja, tetapi sudah menjadi masalah bangsa dan masyarakat yang amat luar bisa dan memprihatinkan.

Narkoba barang yang luar biasa. Disebut luar biasa, karena narkoba telah mengancam semua usia, di semua tempat, dan hampir dapat dipastikan bahwa tidak ada lagi provinsi, daerah, kota, kecamatan, desa maupun gampong di Indonesia yang terbebas dari peredaran gelap dan penyalahgunaan Narkoba.

Sebuah hasil kajian menyimpulkan, bahwa sebuah desa atau daerah yang terkena wabah narkoba, kenyamanan dan ketertiban masyarakat akan terusik dan sering memicu aksi-aksi kriminal, seperti pencurian, dan perampokan serta warga yang mengkonsumsi narkoba menjadi tidak produktif.

Dalam waktu jangka panjang, berpotensi menghancurkan kehidupan keluarga yang harmonis menjadi kacau. Kemudian, narkoba disebut memprihatinkan karena jumlah peredaran gelap narkoba menurut angka dan data terus mengalami peningkatan, meskipun kita akui yang tertangkap oleh penegak hukum juga tidak sedikit, terutama jenis Amphetamine Type Stimulants (ATS). Di Indonesia, ATS lebih dikenal dengan sebutan Ekstasi dan Shabu.

Menurut informasi, kedua jenis barang haram ES (ekstasi dan shabu) telah menggeser popularitas narkoba lain seperti Heroin dan Ganja. Dari sisi korban penyalahgunan narkoba juga meningkat, hal itu dapat kita amati disejumlah tempat rehabilitasi yang mengalami over kapasitas (penampungan). Di pusat- pusat rehabilitasi, sebagian besar korban pengguna narkoba adalah generasi muda yang masih produktif.

Berangkan dari gambaran keadaan buruk diatas, membuat kita cemas. Cemas karena bisa saja pada suatu saat, narkoba hadir di depan pintu rumah kita. Oleh karena itu, penanganan permasalahan narkoba tidak mungkin dapat dilakukan oleh pemerintah saja, perlu adanya partisipasi, keseriusan, dan komitmen bersama dari seluruh komponen bangsa dan masyarakat. 

Menurus saya, semua kita harus bergerak dan bersinergik dengan para penegak hukum, untuk membantu negara untuk mempercepat penanganan masalah narkoba, agar semua masyarakat Indonesia pada suatu saat nantinya, bisa hidup sehat terbebas dari penyalahgunan dan peredaran gelap narkoba.

Bagaimana menggerakkan seluruh komponen bangsa dan masyarakat agar dapat berpartisipasi dalam penanganan penyalahgunaan dan pemberantasan narkoba di lingkungannya. Sudah pasti banyak cara yang bisa dilakukan, seperti memaksimalkan sosialisasi tentang bahaya narkoba dan cara penanganan dini narkoba di lingkungan masyarakat, lingkungan instansi, dan lain-lain. 

Sosialisasi saja tidak cukup, diperlukan langkah-langkah yang lebih kreatif agar semua masyarakat tahu, paham, mau dan mampu untuk melakukan program pencegahan dan pemberantasan narkoba di lingkungannya. Tanpa adanya pengetahuan dan pemahaman, tidak mungkin masyarakat dapat mendeteksi diri dan lingkungannya dari penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba. Semoga berguna.

Writer: Sumadi Arsyah

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon