May 30, 2015

Tiga Sifat Jahat Khas Narkotika

Jujur harus kita akui, belum semua pihak menyadari tentang seriusnya ancaman bahaya penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika. Padahal dukungan dan komitmen semua pihak sangat penting untuk mencegah dan memberantasnya dalam rangka melindungi generasi muda dari ancaman narkotika.

Apalagi kecenderungan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika setiap tahun mengalami peningkatan. "Ada yang dikirim dari luar negeri maupun yang diproduksi di dalam negeri". Sekarang para bandar narkotika tidak lagi menjual narkotika sebagai narkotika, melainnya sebagai food supplement.

Sehingga orang yang menyatakan anti narkotika/narkoba pun bisa tertipu, kemudian tanpa sadar kita telah mengkonsumsinya, sehingga akan berakibat buruk bagi kesehatan.

Berikut tiga sifat khas narkotika yang sangat berbahaya bagi manusia, yaitu sifat habitual, adiktif dan toleran. Ketiganya dapat membelengu pemakai untuk menjadi budak setia. Sehingga membuat si pemakai narkotika mengalami perubahan sifat dan sikap menjadi:
  • Tergila-gila pada narkotika. Lebih mencintai narkoba daripada diri sendiri, orang tua, atau saudara-saudaranya.
  • Tidak dapat melepaskan diri dari narkotika, sebab kalau lepas, penderitaan yang luar biasa (sakaw)
  • Dosisnya akan terus bertambah tinggi sampai suatu saat mau menjemputnya di puncat overdosis.
  • Mengalami perubahan sikap dan sifat menjadi ekslusif, egois, sombong, asocial, dan jahat (psikosis)
  • Mengalami kerusakan organ tubuh (hati, paru, ginjal, otak dan lain-lain)
  • Terjangkit penyakit maut, seperti HIV/AIDS, sifilis dan lain-lainnya.
Disamping tiga sifat jahat narkotika diatas, narkotika juga berdampak terhadap fisik, mental dan moral bahkan merugikan keluarga, lingkungan masyarakat, bangsa dan Negara.

Fakta yang terjadi, bila seorang anggota keluarga terkena narkotika berbagai masalah akan datang dalam kehidupannya seperti masalah psikologis, yaitu terjadi gangguan tidak harmonisan dalam rumah tangga.

Dari masalah psikologis kemudian meningkat menjadi masalah ekonomi. Sebab, banyak uang terbuang untuk jangka waktu lama, maka sering terjadi kehilangan barang karena dijual oleh pemakai untuk membeli narkotika.

Kemudian dari masalah ekonomi bisa memunculkan kekerasan dalam keluarga. Seperti, perkelahian, pemaksaan, penganiayaan, bahkan pembunuhan sesama anggota keluarga, dan bisa menyebar kemasyarakat luas.

Masalah narkotika bisa menimbulkan permasalahan yang lebih besar dan berbahaya, seperti terjadinya kriminalitas, prostitusi, korupsi, nepotisme, dan lain-lain. Sebelum kehancuran terjadi diseluruh pelosok negeri, maka setiap kita harus mencegah penyalahgunaan narkotika.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon