February 17, 2018

Indonesia Darurat Narkoba

Indodrugs - Berton-ton narkoba masuk ke Indonesia baik dari Asia Timur, Afrika, maupun dari Eropa. Luar biasa penyelundupan narkoba masuk ke Indonesia. Secara sosiologis maupun politik, fenomena darurat narkoba ini menunjukan masyarakat kita sedang sakit.
Stop Narkotika

Secara sosial menunjukkan masyarakat kita mulai kehilangan akal sehatnya memilih jalan pintas mencari kebahagiaan jiwa dengan mengkonsumsi narkoba. Bukankah lebih dari 4 juta jiwa anak bangsa ini mengkonsumsi narkoba sebagai fakta tak terbantahkan untuk menunjukkan bahwa bangsa kita secara sosial sedang sakit?

Minimnya kontrol sosial dari masyarakat juga telah memberi kontribusi bagi maraknya pengguna narkoba. Pada saat yang sama, sakitnya masyarakat juga diperparah dengan perilaku elite sosial yang menjadikan ketergantungan kepada narkoba sebagai peluang pasar untuk berbisnis narkoba. Fakta penyelundupan berton-ton narkoba menunjukkan bahwa ada mekanisme pasar narkoba yang bekerja sistematis dan bahkan beroperasi secara transnasional.

Secara politik, fakta darurat narkoba tidak cukup diselesaikan oleh BNN. Ia memerlukan semacam political will dari seluruh stakeholders politik (eksekutif, legislatif, dan yudikatif) untuk bersama-sama bersinergi memproduksi regulasi yang tegas terhadap kejahatan narkoba sekaligus menegakkan regulasi tersebut tanpa pandang bulu.

Selain regulasi, elite politik juga perlu memberi teladan untuk tidak bersentuhan dengan narkoba. Kita sebagai bangsa memerlukan teladan dari elit bangsa ini, agar rakyat tidak hanya dijejali slogan tetapi ditunjukkan dengan teladan. Bukankah satu perilaku teladan lebih berharga dibanding seribu kata-kata?

Membangun komunikasi politik (hubungan internasional) dengan negara-negara tetangga untuk bersama-sama mengamankan kawasan Asia Tenggara dari ancaman narkoba perlu dideklarasikan serentak dan disepakati agenda kerjanya secara lebih detail, misalnya soal bagaimana mengatasi pola penyelundupan narkoba dari Taiwann yang terjadi di Anyer, Banten, baru-baru ini.[]


Oleh Ubeidilah Badrun
Analis Sosial Politik dan Kewarganegaraan
(Sumber: http://watyutink.com/opini/indonesia-darurat-narkoba)

Artikel Terkait

Anak petani yang lahir di sebuah desa terpencil.


EmoticonEmoticon