November 28, 2013

Hasil Penelitian: Kokain dapat Merusak Penglihatan Mata


IndoDrugs - Karena mata merupakan salah satu karunia yang diberikan Allah pada umat manusia, agar kita dapat melihat keindahan. Tanpa kehadiran mata dalam kehidupan kita, membaca tulisan ini pun menjadi hal yang mustahil. 

Maka kasihan sekali, jikalau salah satu mahkota kehidupan kita, rusak gara-gara kokain. 

Kokain selain dilarang oleh negara juga haram dalam ajaran Islam. Hasil Riset Veterans Healt Administratio's Health Research and Development Service di Indianapolis, Amerika Serikat menyebutkan bahwa pecandu narkotika, terutama kokain beresiko mengalami gangguan pada penglihatan, bahkan kebutaan karena glaukoma.

Hasil penelitian lembaga riset tersebut menemukan bahwa hampir 83.000 atau sekitar 1,5 dari veteran menderita glaukoma. Data itu diperoleh berdasarkan catatan kesehatan dari 5,3 juta veteran Amerika Serikat yang telah menggunakan klinik rawat jalan pada tahun 2009. Lebih mencengangkan lagi, berdasarkan catatan itu, hampir 178 ribu veteran yang terlihat di klinik didiagnosis mengkonsumsi kokain.

Menurut, Dustin French, peneliti di VA's Center of Excellence on Implementing Evidenci-Based Practice seperti dilansir Livescince mengatakan, glaucoma bisa saja terjadi pada usia muda karena penggunaan kokain dan narkoba. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut, untuk menemukan strategi baru dalam mencegah kehilangan penglihatan.

Glaukoma adalah suau penyakit yang dapat menyerang mata dan biasanya terjadi pada usia lanjut. Di Indonesia, glaukoma merupakan penyebab kebutaan ke-2 setelah katarak. Glaukoma dapat menyebabkan kebutaan yang tidak dapat di pulihkan.

Penyakit mata ini diakibatkan karena kenaikan tekanan bola mata dan dapat menimbulkan kerusakan saraf penglihatan. Karena fungsi saraf mata akan meneruskan bayangan yang dilihat ke otak. Di otak banyangan akan digabungkan di pusat penglihatan dan membentuk benda.

Di dalam mata bagian depan terdapat cairan jernih yang disebut humor akuwos. Cairan ini dengan teratur akan mengalir dari tempat pembentukan ke saluran luarnya. Tekanan tinggi disebabkan karena produksi cairan bola mata (humor aqueus) yang berlebihan, dapat juga disebabkan oleh saluran pembuangan keluar yang disebut jaringan trabekula tersumbat. Semoga berguna..

dbs/writer: sumadi arsyah /sumber foto: google

Artikel Terkait