March 30, 2016

Indonesia Darurat Narkoba, BNN-Polri Gelar Operasi Bersinar 2016

INDODRUGS - Menanggapi situasi darurat Narkoba Badan Narkotika Nasional (BNN) bersama dengan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dan beberapa instansi terkait lainnya mengadakan operasi gabungan yang dinamai dengan operasi berantas sindikat Narkoba (Bersinar) 2016. 
Komjen Pol Budi Waseso (Buwas) Kepala BNN/Ist
Operasi gabungan ini rencananya akan digelar selama satu bulan dengan mengedepankan kegiatan penegakan hukum yang juga didukung oleh kegiatan kampanye, dan rehabilitasi. Pelaksanaan operasi bersinar 2016 juga digelar sebagai bentuk tindak lanjut dari amanah Presiden Jokowi untuk memberantas Narkoba yang sudah memasuki fase darurat. 

Target utama dalam operasi gabungan ini adalah sindikat jaringan Narkoba, bandar, kurir, pemodal peracikan Narkoba, pengguna, serta penyalahguna. Sebanyak 19 wilayah di Indonesia akan menjadi fokus operasi, dimana salah satunya adalah DKI Jakarta. Ibukota negara Indonesia ini adalah peringkat pertama dalam prevalensi penyalahgunaan Narkoba menurut data hasil penelitian BNN bersama pusat penelitian dan kesehatan Universitas Indonesia (Puslitkes UI) tahun 2015.

Sekitar 326 orang yang terdiri dari Mabes Polri, BNN, TNI, dan instansi-instansi terkait lainnya diterjunkan dalam operasi bersinar 2016. Beberapa titik operasi diantaranya bandara, pelabuhan, terminal, stasiun, lapas, tempat-tempat hiburan malam, hotel, apartemen, lokasi objek wisata, kantor, kampus, sekolah, apotek, daerah pemukiman, serta kos-kosan.

Kegiatan operasi gabungan ini tidak hanya berupa kegiatan razia, tetapi juga berbagai kegiatan seperti kampanye perang terhadap Narkoba dan rehabilitasi terhadap orang-orang yang terjaring dalam operasi sesuai dengan aturan perundang-undangan. Dengan digelarnya operasi ini diharapkan dapat mencegah berkembang dan meluasnya peredaran gelap Narkoba, terbangunnya kesadaran serta kewaspadaan masyarakat akan segala bentuk penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkoba di Indonesia, sehingga masyarakat Indonesia khususnya generasi muda akan terbebas dari bahaya penyalahgunaan dan peredaran Narkotika.[Siaran Pers BNN]

Artikel Terkait

Anak petani yang lahir di sebuah desa terpencil.


EmoticonEmoticon