February 08, 2017

BNN Berhasil Ungkap Penyelundupan Narkotika Cair Asal Tiongkok

IndoDrugs - Badan Narkotika Nasional (BNN) mengungkap kasus peredaran narkotika jenis 4-KLOROMETKATINONA ATAU 4-CMC, sebuah zat turunan dari Katinon, sebanyak 50 liter yang dikirim dari Tiongkok melalui perusahaan jasa titipan. 
new-psychoactive-substances
New psychoactive substances/Ilustrasi
Bekerjasama dengan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Soekarno Hatta, BNN berhasil mengamankan dua orang tersangka bernama EPP alias E (50 th, WNI, Pria, pemesan dan distributor) dan HE (34 th, WNI, Pria, pemesan barang dari Tiongkok).

Beberapa waktu yang lalu, publik sempat ramai memperbincangkan satu jenis zat yang disalahgunakan dan dikenal dengan sebutan BLUE SAFIR. 4-CMC ini lah zat adiktif yang terkandung didalam BLUE SAFIR.

4-CMC merupakan senyawa sintetik turunan Katinon berbentuk kristal warna putih (banyak dalam bentuk bongkahan kristal besar), namun bentuk edarnya di Indonesia secara illegal adalah cairan berwarna biru dengan kemasan jual bernama “BLUE SAFIR”. Balai BALAI LAB. NARKOBA BNN berhasil mengidentifikasi beberapa bentuk edar lainnya yaitu cairan berwarna coklat, cairan bening dalam kemasan botol warna hijau dan cairan berwarna kuning.

Senyawa 4-CMC tersebut berbahaya bagi kesehatan karena mempunyai efek stimulan seperti halnya shabu. Pengguna akan merasakan euforia, merasa senang, percaya diri, semangat dan aktif, agresif, gelisah, pusing, panik, halusinasi, insomnia, bicara ngelantur, dilatasi pupil, mulut kering, meningkatnya tekanan darah, dan pada dosis lebih tinggi dapat menyebabkan kejang, stroke, hingga koma.


Salah satu cara menyalahgunakan ZAT 4-CMC ini adalah dengan menyampurkannya kedalam berbagai jenis minuman, baik beralkohol maupun tidak, untuk menimbulkan efek “FLY”. Pada kasus ini, dari keterangan para tersangka 50 liter 4-CMC akan dikeringkan hingga menjadi serbuk. Saat menjadi serbuk, 50 liter 4-CMC ini akan menjadi serbuk 4-CMC seberat 42 KG.

Tidak ada takaran pasti berapa komposis 4-CMC yang dapat dicampur kedalam suatu minuman. Namun dari keterangan para tersangka, biasanya serbuk ini dapat dikemas kembali menjadi cairan siap saji sebagai campuran minuman. Setiap 1 (Satu) Kilo Serbuk 4-CMC dapat menghasilkan 1.200 botol siap saji dengan volume 15 ml/botol. Sehingga 50 liter 4-CMC (42 kilo dalam bentuk serbuk) dapat menghasilkan 50.400 Botol Siap Saji. Menurut para tersangka, dipasaran, minuman yang telah dicampur dengan serbuk atau cairan 4-CMC ini bermerek dagang “SNOW WHITE” dan di bandrol dengan harga rp. 600.000 / gelas.

Dengan semakin banyaknya narkotika jenis baru yang beredar masyarakat dihimbau untuk mencegah dan menolak peredaran barang haram tersebut. (BNN)

Artikel Terkait

Anak petani yang lahir di sebuah desa terpencil.


EmoticonEmoticon