November 23, 2013

Apa itu Opioid (Opium)..?

Apa itu Opioid (Opium)..?
Opium Narkotika

Opioid terdiri dari suku kata, oh-pee-oyds. Yang sering disebut dengan Opioid (opium), yaitu sejenis obat-obatan yang dapat digunakan untuk mengontrol, mengendalikan atau menghilangkan rasa nyeri. Opioid (opium) dapat menimbulkan kecanduan dan termasuk dalam jenis narkotika.

Opioid atau opiat berasal dari kata opium, jus dari bunga opium, Papaver somniverum, yang mengandung kira-kira 20 alkaloid opium. 
Nama Opioid juga digunakan untuk opiat, yaitu suatu preparat atau derivat dari opium dan termasuk dalam narkotika jenis sintetik yang kerjanya menyerupai opiat tetapi tidak didapatkan dari opium.

Opiat alami lain atau opiat yang disintesis dari opiat alami adalah heroin (diacethylmorphine), kodein (3-methoxymorphine), dan Dilaudid (hydromorphone).


MorfinInilah bahan-bahan Opioida yang sering disalahgunakan, antara lain; Morfin, Heroin (Putaw), Codein, dan Candu. (Baca: Krokodil Drugs yang mematikan)

Apa itu Morfin..?

Morfin adalah hasil olahan dari opium/candu mentah. Dan, morfin merupaakan alkaloida utama dari opium (C17H19NO3). Morfin rasanya pahit, berbentuk tepung halus berwarna putih atau dalam bentuk cairan berwarna. Pemakaiannya dengan cara dihisap dan disuntikkan.

Apa itu Heroin (Putaw)

Ilustrasi Heroin
Heroin atau Putaw adalah obat bius yang sangat mudah membuat seseorang kecanduan karena efeknya yang sangat kuat. Heroin/Putaw bentuk pil, bubuk, dan ada juga dalam bentuk cairan. Apabila seseorang yang sudah ketergantungan dengan heroin (putaw) dapat membahayakan fisik maupun mental. Seseorang yang sudah kecanduan dengan heroin, ketika berhenti mengkonsumsi, akan mengalami rasa sakit yang berkesinambungan.

Heroin, juga disebut dengan "chasing the dragon." Dan heroin mempunyai kekuatan dua kali lebih kuat dari morfin. Di negera kita, Indonesia termasuk jenis narkotika yang paling sering disalahgunakan.

Apa itu Codein..?

Codein Codein termasuk garam / turunan dari opium / candu. Efek codein lebih lemah daripada heroin, dan potensinya untuk menimbulkan ketergantungaan rendah. Biasanya dijual dalam bentuk pil atau cairan jernih. Cara pemakaiannya ditelan dan disuntikkan.

Apa itu Candu..?

Candu dalama bahasa inggris disebut Poppy. Candu adalah getah tanaman Papaver Somniferum yang didapat dengan menyadap (menggores) buah yang hendak masak. Getah yang keluar berwarna putih dan dinamai "Lates". Getah ini dibiarkan mengering pada permukaan buah sehingga berwarna coklat kehitaman dan sesudah diolah akan menjadi suatu adonan yang menyerupai aspal lunak. 


Candu Narkotika
Inilah yang dinamakan candu mentah atau candu kasar. Candu kasar mengandung bermacam-macam zat-zat aktif yang sering disalahgunakan dan termasuk dalam jenis narkotika.

Candu masak warnanya coklat tua atau coklat kehitaman. Diperjualbelikan dalam kemasan kotak kaleng dengan berbagai macam cap, antara lain cap merek ular, cap tengkorak, cap burung elang,  dan berbagai cap atau merek lainnya. 


Candu sering dipakai dengan cara dihisap. Dikalangan pengguna, candu sering disebut dengan Madat. 
Semoga berguna. Say No To Drugs

Write: Sumadi Arsyah /dbs

Artikel Terkait