January 14, 2016

Narkoba, Waspadai Penggunaan Lem dan Pengencer Cat

Selama ini publik lebih mengenal jenis narkotika seperti shabu, ganja, morfin dan heroin, cocain, dan lain-lain. Semua  jenis ini merupakan narkotika yang sering disalahgunakan dan dipublis media. Padahal jenis narkotika itu sangat banyak dan beragam. 

Narkotika merupakan akronim dari Narkotika, Psikotropika dan Bahan Adiktif lainnya. Berdasarkan golongan terbagi dalam 3 (tiga) golongan, yaitu narkotika alami, semi sintesis, dan sintesis.

Apakah Anda sudah mengetahui kalau lem dan pengencer cat atau yang sering disebut dengan Tinner, juga berbahaya bagi ksehatan manusia jika disalahgunakan. Seperti Lem dan pengencer cat (tinner).

Salah satu jenis bahan adiktif adalah Inhalen. Yakni zat yang terdapat pada lem dan pengencer cat (tinner)Penggunaan zat ini dilakukan dengan cara menghirup.
Pengguna Inhalen sering mengakibatkan kematian mendadak, seperti tercekik (sundden sniffing, death syndrome).
Penyalahgunaan Inhalen juga dapat merusak pertumbuhan dan perkembangan otak, syaraf dan organ tubuh lain. Dan jika pengguna melakukan aktifitas normal seperti berlari atau berteriak dapat mengakibatkan kematian dini karena gagal jantung.

Selain Inhalen, jenis bahan adiktif lainnya seperti alkohol, tembakau (rokok), jenis obat penenang (Pil KB, pil koplo, Nipam, Valium Lexotan, dan obat tidur), zat yang menimbulkan halusinasi (Jamur, kecubung, kotoran kerbau, sapi), dan lain-lain.

Semua jenis bahan adiktif diatas. Bila ditinjau dari efek yang ditimbulkan berbahaya bagi tubuh dan mental. Diketahui, orang yang penah menggunakan narkotika akan berujung pada kehilangan ingatan, tidak produktif berfikir, serangan jantung, menimbulkan perasaan cemas, sensitif dan suka marah dan sebagainya.

Hidup sehat dambaan setiap insan. Sebab dari itu, apapun jenis narkotika harus dihindari dan jauhi. narkoba selain merusak kesehatan, menghancurkan ekonomi sipemakai juga menganggu ketentram hidup bermasyarakat. Semoga berguna!

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon